Copyright © Yesterday, A day, and Tomorrow
Design by Dzignine
Wednesday, October 15, 2014

pertama kali ke jerman? siapa takut!

Perjalanan pertama ke jerman? sendirian? apalagi cewek? siapa takut ;D (kendel yo.yo ben)
Jujur pertama kali berangkat sendiri ada rasa khawatir, secara pertama tanpa pemandu atau yang kasih tau. tapi kembali ke niat dan tekat yang kuat. ndableg aja dan jangan lupa sembada, ikuti petunjuk yang ada InsyaAllah gak sesat kok hihi.

oke ini perjalanan pertama saya ke luar negeri dan itu ke jerman. pertama pulak naik pesawat. gimana coba T-T dulu pernah naik pesawat pas jaman masih dipangku pangku. apa ya masih ingat :p

tanggal 23 september 2014 

Saya naik damri dari terminal pasar minggu ke  bandara Soekarno-Hatta (cuma 30 ribu kuk) daripada naksi di jakarta kan mahal hehehe bisa nyampe 200an kalik, damri ada di gambir, pasar minggu, dan satunya lagi lupa hehe. mereka ngetem disitu emang angkutan buat ke soetta.
so saya cuss dari jogja - terminal senen - trus mampir ke kantor camer di pasar minggu - then naik damri ke bandara.

sampai di soetta kenek damri bakal woro woro. ini penerbangan domestik,internasional,malah kadang pesawat dan daerahnya disebut juga. berdasar tiket saya naik dari terminal 2 penerbangan internasional yang diatas tuh trus turun di 'm2' kalo gak salah (berdasar teriakan si kenenk). lah namanya juga pertama saya kelewat. tapi gapapa jalan sedikit orang masih gasik juga untuk chek in :D
setelah turun berat bawa koper, ada trolli nganggur, gapapa itu diambil aja gratiiis ga bayar. udah parno aja ntr ada bill nya hahaha.
oke karena saya naik maskapai Lufthansa saya masuk lewat gate 1, kalo mo cari pesawat kita masuk lewat mana, cari aja lambang atau logo pesawat yang tertera di masing-masing gate.


Parno pertama kali berangkat itu adalah gara-gara bagasi.takut overload dan mbayar!  saya bawa koper eyang saya.koper jaman dulu yang konon kata org yang ngelihat sih berat. mungkin model roda nya aja sih yang ga modern jadi ga bisa di kerek vertikal banget (kopernya model miring). saya isi setengah koper saya dengan makanan. kemudian shampoo,obat,krim krim kalo dingin,sabun,jaket dan baju bajuan. semua saya masukan ke koper biar ransel saya ringanan , diisi dompet,makeup,dan dokument,kayu putih dan tolak bala eh angin. daaaaan saya parno ketika nimbang di penimbangan (bukan bandara) bagasi saya itu 21 kg. sedangkan saya baca info kalo penerbangan saya hanya mengijinkan 20kg untuk kelas ekonomi. setelah turun dari damri rempong lah saya, masuk gate cari tempat duduk dan repack. kasih ke mas pacar sabun sabunan yang bikin berat,detergent,sampe pembersih muka pun jua hiks.

pas check in, masuklah saya ke pemeriksaan, security check gitu. siapin aja paspor ama print an tiket  elektroniknya. buat ke security doank ini. ntar didalem pake paspor aja cukup. oke ;
1. semua barang dan koper masukin ke rol berjalan itu. kalo pake jam atau gesper atau nyangu koin dan hape masukin ke baskom di situ. 
2. masukan diri ke pintu yang untuk masuk, troli untuk pintu kolong troli. ambil barang, masukin troli,tempel stiker. and we done!
3. jalan ke agent pesawat yang mau kita naiki, kalo udah sampe ujung gak ada tanya petugas.biasanya kalo belum waktunya cek in konter masih dipake agen pesawat lain.
4. udah sampe agen lufthansa yuuk antri bersama para bule hihi. ada juga waktu itu anak alay triak triak gitu lebay bgt. sampe diliat orang orang tetep aja begitu. hiii. berasa pengen ga ngaku kalo dari bangsa yang sama :/ duh gusti.
5. tiba giliran kita, tunjukin passpor aja,taroh koper di band hitam yang juga adalah timbangan. dan trnyata koper saya hanya 15 kg. bete deh td udah repack, berarti kalo ga dikeluarinpun ga sampe segitu.dan ternyata ekonomi boleh bawa 23 kg.euuurrrrrrrff
*notes : kalo kita chek in online sebelumnya mungkin bakalan mempermudah, jadi antrian chek in online dan chek in vip biasanya sedikit. ga se nguler kalo chek in ditempat.
6. ambil board pass trus jangan lupa ditembeli kabin approve dulu buat tas kabin.
7. jalan ke dalem periksa paspor dan tiket dulu. cari aja tulisan índonesia´untuk paspor org ind´ abis itu di cap.
*waktu itu saya antri di foreigner, saya antri bersama bule yang tadi antri di lufthansa bareng2, saya pikir itu antri buat org yg mau keluar negeri wkwkwk taunya buat bule doang slain indo.
8. menuju ruang tunggu deh . ikuti kata si tiket,gate berapa nya.  trus ntr tiketnya disobek.masuk ruang tunggu. tunggu sampai pesawatnya siap buat boarding. ada ruang tunggu kuk hihi. biasanya kalo di indo ada free tempat buat charging hape, tapi waktu itu lagi dikuasai sama anak alay yang ngoceh keras ga jelas.

masuk deh kepesawat. ntar pramugari bakal nunjukin arah tempat duduknya. ikuti instruksi. pasang seat belt and terbaaaangg.

waktu itu saya stop 1x di malaysia. turun aja bawa smua barang karena apapun yang ketinggal bakal dibuang. disitu pesawat bakalan diberesin beneran. masok masokin makanan juga. makanya kita disuruh turun. biar ga ketauan menunya kalik yah :p
lumayan wifinya kuala lumpur gretong 3 jam bisa ngabari orang rumah deh.

masuk ke ruang transit. kalo belum buka ke mana aja deh jalan jalan hhi. jgn lupa perhatikan waktu setempat, sama waktu board di layar. biar ga ketinggalan.

waktu itu saya milih jalan bentar aja ndak ketinggalan. cek paspor dan board pas lagi. masuk deh ke pesawaat.

========================================================================
sampai di frankfurt am main sekitar puul 06.59 waktu jerman. keluar pesawat orang - orang jalan cepat. saya pikir mereka pasti cari jln keluar kalo ga ya bagasi. ada tulisan gepack di papan petunjuk yang artinya baggage. tapi dibawah tulisan itu macam ditranslate tulisannya (bagage claim) nah bingung kan diriku, awalnya saya kira itu klaim kalo bagasi ilang ternyata emang tulisan untuk ambil bagasi maksudnya.
1. ikuti orang yang mayoritas orang didalam pesawat kita yang jalannya ke arah yang sama  atau ikuti tulisan gepack tadi.
2. lewati pemeriksaan. macam pemeriksaan paspor sebelum masuk gate boarding dijakarta. paspor dicek dan akan dicap. pilih konter yang tulisannya ''all passpor'' waktu itu saya ditanyai  pake bahasa jerman. bilang aja pake inggris. udah gitu ditanya ke jerman mau apa. bilang deh praktikum. jawab seperlunya aja biar ga ditanya macem-macem. si petugas oke trus di cap deh.
3. lolos lah kita trus ikuti kata kata gepäck tadi. udah gitu akan ada pita hitam besaar di frankfurt saya lihat 2 yang lagi muter muter.
4. lihat di screen macam tv gitu kode boeing pesawat kita. akan ada petunjuknya. waktu itu saya lufthansa 783 di band 35. pergi lah kita ke band 35. ada tulisannya kuk hihi.
5. tunggu sampai koper kita datang. kalau masih banyak orang disana artinya koper belom keluar semua, kalo udah sepi nah ini kita wajib klaim bagasi kita di klaim bagasi juga sih kalo aku bilang. ada kok di dekat pengambilan bagasi punya nya si lufthansa.
6. oke koper diambil and we done!

========================================================================
saya meneruskan perjalanan ke erfurt. saya pakai kereta ICE


lumayan mahal sih. dari frankfurt ke erfurt 60 € namanya juga beli last minute jadi mahal. kalau mau murah, lebih baik book dulu di bahn.de ada versi inggrisnya. biasanya kalau book jauh hari bakal dapet farepreis potongan harga gitu. tapi harus punya kartu kredit. lha kalo pelajar kaya saya? brlum punya kartu sakti itu? ya resikonya beli di tempat hari itu juga :))
yang punya sodara di jerman,atau nebeng kartu kredit ortu juga bisaaa beli jauh hari kan :D

caranya naik kereta?

  1. setelah ambil bagasi ikuti tulisan bahnof atau train station (ini easy)
  2. abis ini turun tangga ane takut. karena koper berat. oke dibelakang tangga ada lift kok. puterin aja eskalatornya.
  3. kalo kita udah punya uang koin dalam bentuk euro. gampang aja tinggal beli tiket di mesin tiket. macam mesin ATM gitu.
  4. karena saya takut salah jadwal dan karena masih baru saya ke bahn information ada logo DB di sana. tempatnya macam konter seperti tourist information.
  5. karena banyak foreigners maka antrilah. antrinya puanjaaaanngggg. tapi ini tergantung sih hehe.
  6. oke giliran kita easy aja. blg aja mo beli tiket frankfurt - erfurt maka akan ditanya mau yang jam berapa. biasanya udah ada jadwal tetap kita tinggal pilih.
  7. bayar, trus keluar pilih sign Long distance station (karena udah keluar kota frankfurt). ini naik eskalator dan saya bawa koper berat. takut kan bawanya hiks. ntr kalo keselip gimana huhu.
  8. akhirnya niru kakek kakek didepan. kopernya miring kaya punya saya maka angkat gagangnya di sisi miringnya seperti nenteng belanjaan pas kaki pertama naik, koper juga naik. eskalator jalan kita benerin deh
  9. sampai di macam aula kaca (biasanya bahnhof dijerman macam kubah kaca) akan ada lift buat ke bawah. waktu itu saya fern 4. karena ga tau pencet tombol lift nya dimana. saya tunggu org bukain lift hiks. ternyata cara buka nya pencet tombol yang ada di samping pintu dan ga keliatan. macam nyongkel kunci gitu kalo di indo.euuh katrok mode on :)))
  10. cocokin  fern sama tiketnya. bener bener harus cocokin karena kereta hanya akan ngetem di fern yang sesuai. walau jarak antar fern dekat dan tanpa sekat.
  11. yakin aja. duduk di sisi fern yang nomernya sama dengan nomer fern tiket kita.
  12. kalo ga tau keretanya yang mana titeni jam e aja. kalo berangkat 10.11 Am berarti 10.00 am sudah dateng atau lebih dari itu yang jelas kurang dari jam berangkat. kalo orang pada masuk di kereta yang fern nya sama kaya kita di jam 10 an kita juga ikutan masuk aja. taunya kereta dah bisa dimasuki tombol dekat pintu kereta berubah warna ijo kemudian pencet dan siap masuk hehe.
  13. kereta di jerman tepat waktu. kalau jam 10.11 berangkat ya berangkat. bukan berarti itu dia baru dateng dan ngetem :D
  14. didalem akan ada papan instruksi kok kita mau sampai terminal apa. jadi bisa niteni udah sampai kota tujuan atau belum.
  15. didalam ice kalo kita bawa koper berat bisa ditaroh belakang kursi dekat pintu masuk. meskipun kita gak duduk dekat pintu masuk. krn g ada tmpt bagasi di tmpt duduk. atau taroh diatas kaya dikabin pesawat kalo tasnya cuma kecil


Dan sampailah kita di kota tujuan ;D here we go, bunga selamat datang dari kollega :3 


tchüüß



2 comments:

  1. Mba, Lufthansa pesawat dari KL ke Frankfurt nya ada layar per seat yang bisa nonton or denger lagu kan? Terus makanannya gimana? Thanks :)

    ReplyDelete
  2. Hallo Inda, Saya naik dari Soetta Jakarta pas transit di KL pesawatnya tetep sama kaya yang saya naiki dari jakarta,jadi fasilitas sama dongs ada layar per seat, bisa nonton film,musik,nge game, bahkan yoga di kursi kabin pesawat. makanannya kalo kurasa ala ala jerman banget, kalo ragu akan ke halal an nya baiknya nanya ke pramugari.

    ReplyDelete