Copyright © Yesterday, A day, and Tomorrow
Design by Dzignine
Thursday, September 25, 2014

step mengurus visa magang ke jerman

Tahun ini, aku bakalan berangkat ke jerman buat internship (magang) as a student ya. kalo orang jerman bilangnya praktikum. kaya keseharian aku ngampus aja,praktikum melulu :))

dan yang pertama dipersiapkan adalah visa buat kesana! ini nih yang jadi problem aku sebelum berangkat dan akhirnya tiket yang udah dibeliin hangus *curhat*
Ketidak tahuan saya akan ngurus beginian, akhirnya searching sana sini, email kedutaan dll. hihi baru pertama bikin visa, baru pertama keluar negeri. jadi bingungnya ga ketulungan. macam anak kecil dilepas dipasar gitu x_x
jadi yang aku lakukan setelah dapet penawaran magang ini adalah hanya dipikir. dipikirin melulu :)) bakalan beneran kesana engga? naik apaan *ya pesawat ya, masa odong-odong* mungkin waktu itu otak saya jadi thinkless sampe ga bisa mikir bener :)))

Move on dulu, sebagai mahasiswi yang tidak mau merepotkan ortu *ceilah* karena kalo kesana konon kabarnya harus ngendonin ribuan euro di deutch bank sebagai tanda kalau kita tuh bukan mau nge-gembel di sana *ya gak sih, intinya gitu deh*,belom lagi tiket pesawat pp *kan mahal* trus sangu buat jajan disana, banyak kan, dan pastinya kalo dipaksain bisa-bisa ortu saya jual rumah :|

akhirnya yang saya pikirin pertama adalah nanyain akomodasi ke perusahaan. dan Alhamdulillah mereka setuju, gak mungkin kan hidup disana cuma ngandalin gaji anak intern. bisa cuma nyemil garam disana *lebay* karena harus bayar sewa kosan dan biaya aneh-aneh. hihi.
kedua, saya mulai cari requirement untuk urus visa saya, nanya google, nanya bloggers lain juga yang pernah urus visa,dan nanya kedutaan :D
email kedutaan hari ini email besok langsung dibales,lumayan cepat lah responya untuk ukuran kantor se sibuk kedutaan jerman. secara banyak banget org indonesia yang mau pergi kesana sekedar liburan,kunjungan,study,Au-Pair atau praktikum kaya saya :D
ketiga, mulai cari referensi poposal, macam anak yang suka pergi konferensi ke LN gitu, mereka kan juga suka cari sponsor, nah mulai deh nanya temen yang pernah ke LN *tips,kalo temennya pelit ga mau kasih,atau dikasih tapi proposal ngawur dan gaje, cari aja di blog banyak kok yang inspiratif proposalnya* sebagai contoh saya contek ide proposal punya anak ui yang ngeshare proposalnya di blog, dan anak itb yang kirimin proposalnya ke email, tapi proposal mereka terlalu hore, maksudnya terlalu sponsored banget. bagus sih, tapi punyaku ditolak sama kampus katanya kerame an. akhirnya saya modif sendiri. jadi semi hore, tapi agak kaku gitu :| gapapa deh yang penting di dana in :))

oke 3 hal pemikiran pokok diatas yang harus di jereng in kedepannya sebelum berangkat. *notes, buat yang mau berangkat tapi misi nya payless kaya saya* 😁


Let's get Stated! Step By Step yang saya lakukan ketika mengurus Visa Residence Permit :

1. Pastikan kita harus udah punya paspor, kalo belom punya bikin dulu deh.
2. Bikin appointment di website kedutaan jerman, ini penting supaya kita dapet jadwal kapan harus nyerahkan dokumen kesana, kalau ga perjanjian dulu, nanti ga bisa masuk. bikin janji kalo bisa sebulan sebelumnya biar bebas pilih tanggal dan jam nya. waktu itu saya 2 minggu sebelum ngurus baru bikin janji, Alhamdulillah masih dapet. untung-untungan sih. tapi alangkah baiknya buruan janjian. kalo udah point tapi hari itu ga bisa, bisa dicancel kok tapi sebelum hari H.
3. Download Formulir visa, saya download form visa nasional yang untuk tinggal >90 hari buka link berikut  trus donlot form nya di pojok kanan bawa, bentuknya .pdf , trus di print.

4. kumpulkan informasi tentang dokumen apa yang harus dibawa. ketika saya email  kedutaan saya dapat jawaban ini :
tapi pada prakteknya  saya butuh surat tambahan,yakni :
a. foto 3.5 x 4.5 latar putih ato abu.
b. "student enrolment status" yang isinya ( nama,tanggal lahir, tanggal masuk univ,tanggal kira-kira selese study,nim,jurusan,semseter completed, nama univ, dan penjelasan bla bla bla dibawahnya) waktu itu saya serahkan semua ke office international affairs di kampus saya 😊 
dokumen ini gak diminta sama kedutaan, tapi diminta sama labour agency di jerman, karena ini pulak saya harus kirim dok ini ke jerman. mungkin karena nunggu surat ini visa saya juga jadi molor jadinya 3 bulan 2 minggu! 😱 lamanyaaa 😭

5. copy ke semua pesyaratan termasuk formulir 2 rangkap, ini baiknya disiapkan dari rumah (yang punya printer copy an) atau foto copy ditempat fotocopy an. jangan sampai kurang ketika sampe disana kalo ga mau ribet keluar masuk kedutaan yang  pemeriksaannya kaya gitu.apalagi kalo fotocopy di hotel sebelah mahal, 6000 per lembarnya (not included tax 😶).

6. tinggal pesan tiket untuk kejakarta. karena saya dari jogja, saya beli tiket kereta yg murmer. karena untuk visa ini harus datang sendiri gak boleh diwakilkan,soale disana nanti ada scan 10 jari. harus jari sendiri dong ya, masa jari orang :p

7. Tunggu visa jadi, kalo emang belum jadi sampe tanggal atau minggu yang ditentuin telpon/email aja bagian visa, tanyakan apa ada masalah atau dokumen yang kurang lengkap.

8. ambil visa, ini moment hurray saya :D ambil visa ini bisa diwakilkan kok, dg catatan surat kuasanya harus aslik! yaudah saya bikin surat kuasa plus materai 6rb, kirim ke tempat orang yang kita mintai tolong di jkt u/ ambil visanya :D plus jangan lupa bawa passpor dan nota kwitansi pas bikin visa.
lumayan hemat ongkos kan :D mending ongkosin dokumen aja deh yang cuma puluhan ribu, daripada tiket PP kan ya T_T

and that´s was done. berangkat lah saya ke jerman.

tchüß
 


1 comments:

  1. hello mba irmanda, saya ud coba hubungi lewat fb n google+,,,mohon bantuannya mba kebetulan saya juga ada rencana untuk magang di jerman tp masih bingung bkin visanya. 1. kalo bkin visanya jangka wkt 3 bulan sama 6 bulan apa ada perbedaan tingkat kesulitan dan kemungkinan visa disetujuinya?. 2. kalo kita magang dan disananya kita dapet tempat tinggal n digaji (jadi ada jaminan ad uang untuk sehari2) berapa uang yg harus ada di rekening kita, apakah jumlah uang rekening jd syarat mutlak agar disetujui meskipun disana sudah di cover sama sponsor?. trims mba.

    ReplyDelete