Copyright © Yesterday, A day, and Tomorrow
Design by Dzignine
Friday, October 24, 2014

Packing koper ke jerman

Setiap orang punya ciri packing nya sendiri-sendiri. tapi disini saya mau berbagi bagaimana saya packing. mungkin bisa jadi alternatif lain dan semoga ada manfaatnya hihi.
4 bulan lebih bakal tinggal di negara orang, yang saya pikirkan pertama kali adalah bagaimana saya bisa survive maksimal. paling nggak di bulan pertama sih, waktu masih belum tau tempat makanan yang aman,toko ini itu dan sebagainya. so saya bawa banyak banget stok makanan dan sesabunan di koper :D dengan misi hemat satu bulan! bulan September, bulan yang dipilih untuk keberangkatan,pas bulan ini di jerman lagi musim herbst alias musim gugur then sampai februari adalah musim salju. ow, kebayang saya harus bawa sweeter,jaket,legging,manset dan lain sebagainya. mana jejaketan itu makan tempat kan dikoper :/ tapi ane bisa mempersiapkan itu semua cuma 15kg aja. let's get started!


1. Bersihkan isi koper
koper ini udah lama gak dipake, tapi bukan berarti dalemnya bersih, gak mau kan nanti bajunya bau koper lama :D jadi diangin-angin in dan dijemur aja sebentar. saya bersihin sisi dalam koper pakai tisu basah trus dijemur sebentar.

2. Siapakn makanan yang mau dibawa
saya nyiapin makanan dan obat2an di dalam 1 tas,supaya mudah menatanya, jadi ketika habis belanja, masukin kedalam tas besar untuk nampung cicilan belanjaan :D
in fact dari yang saya bawa disini, kepake banget, oatmeal dan energen untuk pagi, indomie untuk siang, kalau malam saya pribadi sih jarang makan, biasanya nge teh aja. tapi kalau malam laper banget biasanya makan mie gelasnya aja. udah cukup membantu :D

untuk obat-obatan, selama herbst disini suhu paling ngga berkisar antara 10 - 20 derajat. kalo ujan dan angin bisa dibawah 10 brrrr. rata-rata sih 10 - 17 derajat tiap harinya. Alhamdulillah ga boros amat tolak anginnya, palingan kepake banget kalau pas ada tugas diluar yang seharian gitu. capek dan naik kendaraan seharian,nah ini nih tolak angin kepake banget. nge save deh buat winter, belum tau adem nya gimana soale hihi. 


3. pilih baju yang kira-kira mau kita bawa
pertama kali pilihin baju rada kalap, apa-apa mau dibawa ajah. hihihi. jadi sebelum masuk koper saya filter 2x :D efisiensi pake baju deh.


untuk baju tidur, saya stok in 2 stel aja, karena kalau mandi habis maghrib pakai baju tidur -- kegiatan sebelum tidur mungkin depan komputer atau hanya bikin teh -- trus tidur, jadi gak bakalan kotor-kotor amat, saya disini pakai 1 stel baju tidur bisa buat seminggu gak ganti :D hiiii kalo di indo udah jorok banget yah, tapi disini gak keringetan,polusi gak banyak so it's work lah ya :3
untuk jaket winter saya bawa 2 jaga jaga kalo adeeem banget bisa dirangkepin deh 2 jaket sekaliguss.
untuk baju kemeja masuk kerja saya cuma bawa 3 stel, sisanya saya padu padan sama cardigan dan sweater, supaya kelihatan kayak ganti gitu :D satu baju bisa dipakai 2 hari, malah kadang 3 hari. saking gak keringetannya disini, 
celana kain saya bawa 2 dan jeans 1. untuk musim dingin ke dingin banget gini,pengalaman saya pas jam 8 pagi keluar pake jeans, beeuuuuuhhh ademnya di kaki bikin meringisss. jadi siasatnya kalau suka pakai jeans, bawa juga celana legging buat rangkepan. it's works! tetep stylish pake jeans tanpa harus menggigil kalo berkegiatan diluar :D beda sama celana kain, pas saya belanja gak masalah banget sama adem.
sisanya hmm handuk,mukena, jilbab, kaos kaki (saya bawa 8 pasang), kaos kaki saya beli di sunmor yang 10rb dapet 4! tapi pintar-pintar milih, saya dapat 2 pasang kaos kaki yang sisi kanan semua :)))) padahal udah dijebretin gitu sama abangnya jadi tinggal ambil pasangan, eh taunya nge zonk gini. tapi masih bisa dipake sih ;D kalo mo beli di jerman ada gitu yang kaos kaki bebuluan 1 euro harganya kalo ga salah (diwilayah saya). untuk sepatu saya terima beli disini deh yang second, krn kalo mo beli di indo 500rb an gitu barunya, sama aja kaya disini harganya kalo boots baru.


3. Lipat,Roll, atau?
untuk kaos kaki saya masukkan utuh kedalam sepatu. 1 sepatu bisa muat sampai 5 kaos kaki loh dengan cara ini (catatan ukuran sepatu saya 39) hehe lain hal nya kalau sepatu lebih besar atau lebih tinggi. mungkin akan lebih besar kapasitas nya dan gak cuma masukin kaos kai, mungkin juga dasi atau sapu tangan :D


Kemudian kalo packing ala saya, masukkan barang yang empuk-empuk (low risk) atau yang keras seperti body lotion,payung dan sepatu di paling dasar koper (karena kalo udah di bagasi bisa ditaruh sembarang sisi koper mana aja, maka ntar bagian atas koper juga ditumpuk yang empuk empuk, kaya jaket winter atau sweater misalnya)


Dari sekian teknik melipat baju yang saya terapkan, saya memilih melipat secara roll.karena kalau ada celah, bentuknya yang memanjang bisa nyelip di sisi baju yang lain. untuk underware, saya siapkan pouch khusus. gak mau kan kalo misal keburu ambil syal di koper eh keliru ama underware :D
Yap gini deh isi koper saya sebelum berangkat. memisahkan antara makanan dan baju. karena gak mau juga entar abon yang saya bawa berasa detergent baju karena kelamaan kedekep sama baju. jangan lupa toiletries yang besar misal >100 ml masukkin ke ke koper bagasi dengan pouch tambahan juga.


Then, finnal layer, taroh jaket winter,syal,sweater, atau barang yang kemungkinan akan diambil pertama kali dibandara, tentunya final layer tetap yang empuk-empuk ya,supaya ndak crash pas dilempar abang abang dibagian bagasi :3

untuk dokumen penting saya bawa di backpack saya yang dibawa ke kabin.. dan 1 stel pakaian, buat jaga-jaga kalo-kalo kopernya hilang  hihi. 

oke tinggal secure pakai gembok deh. kemarin untuk perjalanan jakarta - jerman saya pakai gembok biasa, mirip gembok pagar gitu. aman aman aja kok.

jika koper hilang atau nggak ketemu di band bandara, segera lapor ke bagasi kehilangan di counter lufthansa dengan nunjukin boarding pass dan paspor, bakal langsung di tracking, kalo masih gak ketemu juga,data diri bakal dicatat dan koper akan di antar ke alamat tempat tinggal kita di jerman (maka baiknya kalopun sekedar liburan udah punya hostel tujuan ;) ) dalam waktu maximal 3 hari. dan pihak lufthansa bakalan memberikan semacam kit overnight gitu untuk keperluan kita selama beberapa malam. isinya ada kapas,cottonbud,kaos,shampo,sabun,odol,sikat gigi,sisir,detergent (kayanya itu yang saya ingat). untuk female dan male kit overnight nya mungkin akan berbeda isinya :D

sekian, semoga bermanfaat.

Tchüß





1 comments:

  1. Kak makasih ya bermanfaat! Oiya kak mau tanya, misal kita bawa indomie dan tidak disebar atau ditumpuk jadi satu itu apa tidak masalah di bandara?

    ReplyDelete