Copyright © Yesterday, A day, and Tomorrow
Design by Dzignine
Sunday, October 26, 2014

Buy vs Cook

Tinggal di negara western dimana kulturnya berbeda, makanan, dan bahan-bahannya pun hampir semua berbeda. walau sebenernya di indonesia sendiri sudah banyak toko atau restoran western gitu, hanya saja saya pribadi lebih suka ke warung masakan indonesia ketimbang restoran western, jadinya pengetahuan saya akan masakan dan ingredients makanan western hanya sedikit. sebatas tau keju,pancake,pasta dan pizza haha. nah ini gimana hidup disana? mau masak apa? hihi
karena saya bawa mie instan dan oatmeal, 3 hari pertama datang saya bertahan dengan mie instan, so far biasa aja,karena mie instan emang enak :D
sampai ada kawan dari indonesia yang bilang kalo mie instan kan ga sehat dsb. huwe kepengaruh deh mindset saya, kaya saya selama ini nge junk food mulu, walau saya tau mi instan ga seburuk itu :p

then,saya mulai jajan diluar. makanan pertama saya adalah spagetti, waktu itu jajan di bistro di Hameln setelah pulang O-Kids di stadion Hameln. untung saja makan bareng temen, jadinya ya... membantu saya memilah milih makanan. sebagian makanan di jerman yang berdanging hampir semuanya memakai campuran pork. karena saya tidak makan pork, maka saya minta kawan saya untuk mengguide, dan kira- kira begini menunya :

dan berdasar rekomendasi saya pilih spagetti carbonara karena hanya pakai ayam dan keju, karena berdasarkan info, bolognese biasanya pakai daging  pork. atau bisa pilih menu seafood atau lasagna yang gak pakai daging atau sekedar vegan sup. hampir semua menu berdaging menggunakan pork dan saya dapat menu ini :D porsi ini banyak banget dan bisa dibungkus juga kalo ga habis *ngoek


hari seterusnya, saya beli döner kebap, untuk 1 doner nya dihargai 3,5€, karena  kebanyakan kadang saya pesan yang kinder jadi 2,5€, nah favorit saya sekarang adalah kinder box mit pommes seharag 3€ dan itu untuk sekali makan. terkadang pizza klein aja 5,5€ hmmm sekali makan segitu kali 3x dalam sehari berarti saya menghabiskan paling nggak 10-15€ sehari untuk jajan ala ala street food atau restoran.

so, better back to my indomie ngyahahaha. karena saya gak begitu paham masak pakai oven (di tempat tinggal saya hanya ada oven dan water heater,gak ada kompor) maka saya memutuskan bertahan dengan mixing makan mie instan dan jajan diluar kalo siang :D


yap yap seiring berjalannya waktu, seminggu disini saya mulai main ke supermarket, alasan kenapa baru sekarang ya itu deh, orang liat saya aneh banget (mungkin karena muslimah) jadi yaa rada takut mau pergi jauhan.

yang saya beli ya standar, roti,buah,yoghurt,susu,salad udah jadi. hmmm tapi bosen kaan makan itu itu aja. hihi seringnya liat liat makanan western bikin saya jadi racik racik dan nyoba masak pakai oven. hihi hasilnya kaya makan di restoran dengan budget paling gak 1-2€ 1 porsi! maka dari itu saya coba bikin lunch dan breakfast ideas jika kamu hanya punya oven an ajah dan makanan disekitar kurang bisa dipercaya kehalalannya, so.. it's time to eat clean! eat pottatoes not rice, less salt,yoghurt, soya,salad, ettc ;D

ma dari itu tercetuslah ide lunch and breakfast idea. barangkali ada  yang senasib bisa ada lah sedikit inspirasi untuk memasak hanya dengan dipanggang atau dipanasi pakai oven :D


2 comments: